Disclaimer

Materi yang disajikan adalah sebagai bahan edukasi, kami tidak menjamin 100% akurasi. Trading forex, stock & commodity salah satu instrumen investasi yang berisiko tinggi, tanggung jawab atas hasil dari segala keputusan ada pada Anda sendiri.

Selasa, 21 Juli 2020

Memahami Stochastic Oscillator Dengan Mudah


Stochastic Oscillator adalah indikator yang mengukur momentum.

Sebagai indikator momentum, Stochastic Oscillator akan menunjukkan saat-saat dimana pergerakan harga telah mencapai keadaan overbought (jenuh beli) atau oversold (jenuh jual). 

Ada banyak variasi indikator ini tetapi yang paling sering digunakan adalah terdiri dari 2 garis kurva yang menyerupai moving average (satu diantaranya memang moving average). 

Poin - poin penting yang perlu diperhatikan.

  • Pergerakan kurva tersebut dibatasi oleh level 0 hingga 100 yang menunjukkan persentasi nilai indikator tersebut
  • Ke 2 garis kurva tersebut adalah %K yang biasanya ditampilkan dengan warna biru, dan garis %D yang ditampilkan dengan warna merah.
  • %D adalah nilai rata-rata (moving average) dari %K sehingga pergerakannya lebih lambat (lagging).


Pergerakan ke 2 garis kurva ini mengidentifikasi perilaku trend yang sedang terjadi. Indikator oscillator ini memberi sinyal ketika momentum pergerakan harga sedang melemah yang merupakan isyarat akan terjadinya koreksi ataupun pergantian trend.

Cara kerja Stochastic Oscillator

Stochastic biasanya bekerja dengan baik pada saat market berada dalam keadaan sideway. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati menerjemahkan sinyal buy ataupun sell dari stochastic pada saat market trending.


Pada saat market sedang trending untuk menggunakan stochatic sebagai referensi syaratnya adalah sinyal yang muncul harus searah dengan trend yang sedang berlangsung.

Jadi pada saat uptrend yang dicari adalah titik oversold (jenuh jual) untuk Buy. Sebaliknya pada saat downtrend yang Anda cari adalah titik overbought (jenuh beli) untuk sinyal Sell.


Demikian cara sederhana dan mudah dalam memahami cara kerja Indicator Stochastic Oscillator dalam trading sebagai referensi atau filter signal entry.

Tonton juga video tutorialnya :
https://youtu.be/ZjS0b289a4Y

Salam #tredingmudah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar