Disclaimer

Materi yang disajikan adalah sebagai bahan edukasi, kami tidak menjamin 100% akurasi. Trading forex, stock & commodity salah satu instrumen investasi yang berisiko tinggi, tanggung jawab atas hasil dari segala keputusan ada pada Anda sendiri.

Jumat, 26 Mei 2023

4 Pola Candlestick Yang berpotensi Profit


Ada banyak sekali pola candlestick. Beberapa pola diantaranya lebih menguntungkan dibanding yang lainnya. Bentuk candlestick menampilkan harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan harga terendah. Bentuk candlestick terlihat seperti lilin. Ada badan (body) dan sumbu (shadow).

Candlestick menggunakan dua warna, misalnya kombinasi biru/hijau dan merah atau kombinasi putih dan hitam.


Berikut 4 buah pola candlestick yang berpotensi menguntungkan.


1. Marubozu (body penuh tanpa shadow)
Bentuk ini mengindikasikan pasar yang sangat yakin (condifent). Biasanya trend yang terjadi akan berlanjut. Ada dua jenis Marubozu, yaitu Marubozu White (bullish) dan Marubozu Black (bearish).


2. Doji (harga pembukaan sama atau hampir sama dengan harga penutupan)
Pola candle Doji ini adalah pola reversal yang paling sering dan paling gampang ditemui, yaitu harga pembukaan candle sama atau hampir sama dengan harga penutupan candle, sehingga hanya terlihat garis tipis di tengah shadow.

Adanya candle Doji memberikan kemungkinan adanya pembalikan arah. Semakin panjang ekor doji, kemungkinan pembalikan arah semakin kuat.


3. Hammer (candle yang seperti palu)
Pola candle Hammer ciri khasnya adalah shadow cuma satu. Biasanya menjadi indikasi reversal. Kebalikan dari pola candle Hammer adalah Inverted Hammer. Pola ini juga biasanya menjadi indikasi reversal.


4. Engulfing (menutupi)
Pola candle Engulfing merupakan indikasi reversal yang cukup kuat. Ciri pola ini ditunjukkan dengan candle pendek dan diikuti oleh candle yang lebih panjang sehingga tingginya menutupi candle sebelumnya. Ada dua jenis pola Engulfing yaitu Bullish Engulfing (potensi reversal naik) dan Bearish Engulfing (potensi reversal turun).

Bullish Engulfing, candle naik menutupi candle turun. Bearish Engulfing terjadi sebaliknya, candle turun menutupi candle naik.


Contoh di atas adalah beberapa pola candlestick. Ada lebih banyak lagi pola candlestick yang bisa digunakan untuk trading. Anda bisa pelajari teknik-teknik trading lainnya melalui youtube saya www.youtube.com/@arieyuan semoga bermanfaat.

Salam #tredingmudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar